Kuliner Tradisional Riau: Makanan Khas Pekanbaru yang Wajib Dicoba

Categories:


Riau merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan keanekaragaman budaya, termasuk dalam hal kuliner tradisional. Salah satu kota di Riau yang terkenal dengan makanan khasnya adalah Pekanbaru. Kota ini memiliki beragam kuliner tradisional yang patut untuk dicoba oleh para wisatawan maupun masyarakat lokal. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Pekanbaru yang wajib dicoba:

1. Gulai ikan patin: Makanan ini merupakan makanan khas Pekanbaru yang terbuat dari ikan patin yang dimasak dengan bumbu gulai khas Riau yang kaya rempah. Rasanya gurih dan pedas, cocok disantap dengan nasi hangat.

2. Ayam panggang: Ayam panggang khas Pekanbaru biasanya dibakar dengan bumbu khas sampai berwarna kecokelatan. Rasanya gurih, manis, dan sedikit pedas. Ayam panggang ini biasanya disajikan dengan nasi serta sambal dan lalapan.

3. Soto Pekanbaru: Soto di Pekanbaru memiliki kuah yang kental dan gurih, biasanya terbuat dari rebusan daging sapi atau ayam. Soto ini disajikan dengan ketupat, tauge, perkedel, dan sambal.

4. Keripik sanjai: Keripik sanjai merupakan camilan khas Pekanbaru yang terbuat dari singkong yang dipotong tipis, kemudian digoreng garing. Rasanya gurih, manis, dan sedikit pedas.

5. Lontong singkong: Lontong singkong adalah makanan tradisional Pekanbaru yang terbuat dari olahan singkong yang dihaluskan dan dibungkus dengan daun pisang. Lontong ini biasanya disajikan dengan gulai ikan atau daging.

Itulah beberapa makanan khas Pekanbaru yang wajib dicoba. Rasakan sensasi kuliner tradisional Riau di kota ini dan nikmati kelezatan serta keunikan cita rasa yang ditawarkan. Selamat menikmati kuliner tradisional Riau yang lezat dan menyenangkan!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *