Inilah 10 Oleh Oleh Khas Kepulauan Riau yang Wajib Dibawa Pulang

Categories:

Kepulauan Riau adalah salah satu destinasi wisata yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain pesona alamnya yang memukau, Kepulauan Riau juga memiliki oleh-oleh khas yang tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan yang berkunjung ke sana. Berikut ini adalah 10 oleh-oleh khas Kepulauan Riau yang wajib dibawa pulang:

1. Ikan Asin Belida: Salah satu oleh-oleh khas Kepulauan Riau yang menjadi favorit wisatawan adalah ikan asin belida. Ikan ini memiliki rasa gurih dan renyah sehingga cocok dijadikan oleh-oleh bagi yang suka makanan kering.

2. Kerupuk Udang: Kerupuk udang adalah camilan khas Kepulauan Riau yang terkenal dengan kelezatannya. Kerupuk udang ini biasanya dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami sehingga memiliki rasa yang autentik.

3. Kain Songket: Kain songket merupakan salah satu kerajinan tangan khas Kepulauan Riau yang memiliki nilai seni tinggi. Kain songket ini sering dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan yang ingin membawa pulang cinderamata khas daerah tersebut.

4. Sambal Belacan: Sambal belacan merupakan sambal khas Kepulauan Riau yang memiliki rasa pedas dan gurih. Sambal ini cocok dijadikan oleh-oleh bagi para pecinta pedas dan juga bisa menjadi bumbu pelengkap saat memasak.

5. Buah Kepala Naga: Buah kepala naga merupakan buah yang banyak ditemui di Kepulauan Riau. Buah ini memiliki rasa yang manis dan segar sehingga cocok dijadikan oleh-oleh bagi yang suka buah-buahan.

6. Sirup Kencur: Sirup kencur adalah minuman tradisional khas Kepulauan Riau yang terkenal dengan khasiatnya untuk kesehatan. Sirup ini biasanya diminum sebagai obat herbal dan dapat menjadi oleh-oleh yang unik bagi para wisatawan.

7. Kerajinan Anyaman Rotan: Kepulauan Riau juga terkenal dengan kerajinan anyaman rotannya yang indah dan unik. Banyak wisatawan yang memilih oleh-oleh berupa kerajinan anyaman rotan ini sebagai kenang-kenangan dari perjalanan mereka.

8. Kue Lapis: Kue lapis merupakan jajanan khas Kepulauan Riau yang terbuat dari bahan-bahan tradisional seperti tepung beras, santan, dan gula. Kue ini memiliki tekstur lembut dan manis sehingga cocok dijadikan oleh-oleh bagi para penggemar kue tradisional.

9. Minyak Kayu Putih: Minyak kayu putih sering dijadikan oleh-oleh bagi yang suka dengan aroma terapi alami. Minyak kayu putih ini terkenal dengan khasiatnya yang dapat mengurangi pegal-pegal dan membantu meredakan stress.

10. Jamu Tradisional: Jamu tradisional merupakan minuman herbal khas Kepulauan Riau yang terkenal dengan khasiatnya untuk kesehatan. Wisatawan sering membawa pulang jamu tradisional ini sebagai oleh-oleh untuk memelihara kesehatan mereka.

Itulah 10 oleh-oleh khas Kepulauan Riau yang wajib dibawa pulang bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut. Selain sebagai kenang-kenangan, oleh-oleh khas ini juga dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan kekayaan budaya dan kuliner daerah Kepulauan Riau kepada keluarga dan teman-teman di kampung halaman.