Home »

Mau Beli Sesuatu? Nabung Dulu

3 Januari 2011 60 views One Comment

nabung-untuk-beli-sesuatuBersih pangkal sehat
Rajin pangkal pandai
Nah, kalau hemat pangkal kaya

INGET nggak waktu kita masih menggunakan seragam merah putih alias SD, kalimat itu udah nggak asing lagi kita dengar. Guru kita doyan banget mengungkapkannya saat belajar. Nah khusus untuk hemat pangkal kaya, tentu itu mendoktrin kita untuk rajin menabung. Menabung memang banyak manfaatnya. Mungkin kamu sendiri pernah merasakannya.

Sobat Xpresi (sobeX) pun mengetahui hal itu, untuk itu sobeX suka (73,3 persen) menabung. Alasannya karena ingin membeli sesuatu (56,6 persen), bisa jadi investasi masa depan (16,7 persen), dan sobeX juga bilang menabung dari sekarang bisa jadi ajang untuk belajar mengatur keuangan (11,6 persen).

Kalau pilihan tempat menabung, sobeX doyannya menabung di rumah (78,3 persen) lho. Sesuai dengan alasan menabung tadi, sobeX pun memiliki target nominal (70,2 persen) saat menabung. Sehingga jarang banget sobeX membongkar tabungan sebelum mencapai target nominal (50,0 persen). Simak nih penuturan Dini Widya.

Siswi asal SMKN 2 Pekanbaru itu salah satu sobeX yang doyan menabung lho. Terutama ketika ada keinginan untuk membeli sesuatu. Wah, kalo udah gitu, ia pun rela menyisihkan uang jajannya untuk ditabung.

“Dulu ketika masih kecil, nabung rajin. Sekarang emang nggak serajin dulu. Tapi, kalau aku mau beli sesuatu pasti nabung dong. Kan ada target yang mau dicapai. Contohnya sekarang ini aku lagi nabung. Sebab, aku mau beli baju. Jadi sampai sekarang tabungan itu belum aku bongkar. Sepertinya nominalnya belum sesuai target,” ucap cewek kelahiran Ciamis, 11 Juli 1993 itu.

Next, ada Venita Ratna Sari, siswi asal SMA Babussalam. Berbeda dengan Dini, cewek yang akrab disapa Nita itu bilang, dari dulu sampai sekarang ia memang membiasakan diri untuk menabung. Menurutnya, rutinitas menabung kadang  terkendala dengan hobi shopping-nya. Namun, cewek penggemar pelajaran biologi itu punya strategi sendiri agar keinginan menabung tidak terganggu dengan hobinya tersebut.

“Kalo aku nabung sendiri, bisa-bisa habis duluan. Sebab, aku doyan shopping. Jadi, aku nabungnya ke mama langsung. Setiap ada uang kasih ke mama. Jadi, sampai sekarang aku masih bisa tetap nabung,” tutur pelajar XI IPA 2 itu.

Selain itu, rasa ingin membantu ortunya dalam biaya pendidikannyalah yang mendorong ia untuk terus rajin menabung. Hebat ya. “Sekarangkan aku kelas dua SMA, ntar kalau udah kelas tiga tentu bakal memerlukan biaya yang lebih banyak. Jadi, aku nabung untuk bantu-bantu ortu juga. Biar beban ortu lebih ringan,” ucapnya.

Selanjutnya, ada Salim Andeslan siswa asal SMAN 4 Pekanbaru. Eits! Jangan salah dengan cowok satu itu. Kalau nabung jangan ditanya lagi. Doski emang rajin nabung sejak duduk di bangku SD. Nah, mulai sejak duduk di bangku SMP, cowok yang akrab dipanggil Salim itu punya tabungan khusus. Hebatnya, sampai sekarang tabungan itu belum pernah dibongkar. Ia pun tetap terus rajin menabung. Salim bilang tabungan tersebut akan dipergunakannya untuk membeli motor. Wah wah..

“Kalau nabung udah dari dulu. Tabunganku yang dari SMP mau aku pakai untuk ganti motor. Jadi belum pernah dibongkar. Biarkan aja penuh. Yang pasti rajin aja nabungnya. Mudah-mudahan bisa sesuai target,” ujar cowok penggemar bakso itu.(w/uli)


Baca Juga Yang Dibawah ini


  • » Gaya Barat Tak Sesuai di Riau
  • » Film Terlaris 2010
  • » Tubuh Sehat buat Kita Bersemangat
  • » Liburan Semester Ingin Hangout dan Bahas Soal UN
  • » Pilih Belajar atau Online Sampai Pagi
  • » Handphone Paket Komplit!
  • » Tetap Cantik tanpa Make-up
  • » Nonton Berita Yuk!
  • » Jaga Badan, Jangan Begadang
  • » Pilih Kacamata daripada Softlens
  • » Selalu Bersama, Eh,,, Jatuh Cinta
  • » Beasiswanya Buat Biaya Pendidikan
  • » Cewek Nggak Suka Cowok Perokok
  • » Everyday With Batik
  • » Bangun Kesiangan, ke Sekolah Pakai Seragam Kusut
  • » Film [REC]2
  • » Menjaga Kebersihan Kelas itu Penting !
  • » Bolos? Prestasi Mesti Tetap Bagus
  • » Atur-mengatur Budget Hari Raya
  • » Indahnya Jadi Diri Sendiri
  • One Comment »

    • StudentMagz.Com said:

      hrus dong,,aq aja dr nabung dpat beli hp dan laptop sndiri…

    Silakan beri komentarmu

    Berikan komentarmu. Bisa juga minta info jika ada komentar baru lewat RSS.

    Curahkan isi hati, tunjukkan Xpresi mu!!! no spam or your IP will be banned

    Kamu juga bisa gunakan tags ini:
    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>