5 Makanan Khas Riau yang Menggugah Selera di Pekanbaru

Categories:

Riau merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan keanekaragaman budaya dan kuliner. Salah satu kota di Riau yang terkenal dengan kuliner khasnya adalah Pekanbaru. Berikut ini adalah 5 makanan khas Riau yang menggugah selera di Pekanbaru:

1. Gulai Asam Pedas
Gulai asam pedas merupakan salah satu makanan khas Riau yang wajib dicoba di Pekanbaru. Rasanya yang pedas dan asam membuat lidah bergoyang dan selera makan semakin meningkat. Biasanya gulai asam pedas disajikan dengan ikan patin atau ikan mas yang segar.

2. Teh Tarik
Teh tarik merupakan minuman khas Malaysia yang juga sudah populer di Pekanbaru, Riau. Teh tarik memiliki rasa yang khas dan nikmat, serta aroma teh yang harum. Minuman ini cocok dinikmati sebagai teman santai di sore hari.

3. Gulai Tempoyak
Gulai tempoyak adalah masakan khas Riau yang terbuat dari daging ayam atau ikan yang dimasak dengan santan dan tempoyak. Tempoyak sendiri merupakan hasil fermentasi daging buah durian yang sudah matang. Rasanya yang gurih dan sedikit asam membuat gulai tempoyak menjadi makanan yang menggugah selera di Pekanbaru.

4. Otak-otak
Otak-otak adalah makanan yang terbuat dari campuran ikan, tepung, santan, dan rempah-rempah yang dibungkus dengan daun pisang. Biasanya otak-otak disajikan dengan sambal kecap dan memiliki rasa yang gurih dan pedas. Makanan ini sangat populer di Pekanbaru dan menjadi favorit banyak orang.

5. Mie Tarempa
Mie tarempa adalah mie khas Riau yang terbuat dari mie kuning yang dimasak dengan bumbu kari dan disajikan dengan telur, daging ayam, dan bawang goreng. Mie tarempa memiliki rasa yang gurih dan lezat, cocok untuk dinikmati sebagai makanan penutup setelah berburu kuliner di Pekanbaru.

Itulah 5 makanan khas Riau yang menggugah selera di Pekanbaru. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner-kuliner lezat ini saat berkunjung ke kota ini. Selamat menikmati!